Payakumbuh Sabet Juara 1, Mungka Juara 2

MTQ Kab. Limapuluh Kota Ke-38

WARTAMINANG, LIMAPULUH KOTA-Kontingen Kecamatan Pri ayakumbuh kembali mempertahankan piala
bergilir, karena keluar sebagai juara pertama pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota
ke-38 di Kecamatan Harau. Sedangkan kontingen Kecamatan Mungka menyabet juara kedua, setelah di MTQ ke-37 di Mahat, hanya meraih peringkat keempat. Sedangkan tuan rumah Harau berada di peringkat ketiga.

MTQ Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota ke-38 yang berlangsung 21-26 Oktober 2018 tersebut dittup secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Jumat (26/10/2018) di Lapangan Sepakbola BBS, Nagari Batubalang, Kecamatan Harau. Penutupan juga dihadiri Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo, Kemenag Limapuluh Kota, para kepala dinas, camat, para kontingan, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam MTQ kali ini, kontingen Kecamatan Payakumbuh berhasil mengumpulkan 98 poin. Sedangkan Mungka 71 poin dan Harau 65 poin. MTQ di Kecamatan Harau cukup meriah dan sukses. Lokasi lomba tersebar di berbagai tempat, seperti Nagari Batubalang, Taram, Solok Bio-bio, Harau dan lainnya.

Pada penutupan MTQ, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safarudin, berjanji akan menambah anggaran pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, dari Rp300 juta menjadi Rp500 juta di tahun 2019. Dengan demikian pelaksanaannya bisa lebih baik dan meriah lagi, demi lebih syiarnya agama Islam.

Salah seorang peserta dari Kecamatan Mungka, Umar Faruq Rabbani, yang ikut di cabang Kisah Rasul, bersyukur bisa keluar sebagai juara kedua. Ke depan, dia ingin lebih meningkatkan kemampuannya, sehingga dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi. “Yang kita ingin tentu juara pertama. Tapi sebagai langkah awal, ini pun sudah alhamdulillah dan harus disyukiri,” kata murid kelas V SDN 03 Talangmaua, Kecamatan Mungka tersebut. (erz)

Terkait