Mobil Hemat BBM Karya Mahasiswa UNP Juara 2

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018

WARTAMINANG,PADANG-Mobil hemat energi, Arrow Concept karya mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang (UNP) mengukir prestasi hebat di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Arrow Concept dengan driver Aditio tersebut berhasil meraih juara II untuk katagori mobil prototype diesel. Rasio pemakaian bahar bakar 77,85 km per liter.

Sedangkan juara I diraih oleh Tim Tawang Alun 1 dari Universitas Jember, Provinsi Jawa Timur. Konsumsi bahan bakar Tawang Alun 1 adalah 92, 16 KM per liter. Di tempat ketiga diraih oleh mobil Tim Cula Satu dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Provinsi Banten. Rasio konsumsi bahan bakar mobil Cula Satu, 75,95 KM per liter.

Tim UNP yang menurunkan dua jenis mobil, yakni prototype diesel dan urban gasoline juga meraih Juara I di ajang KMHE 2018 untuk katagori pendatang baru. Sedangkan untuk mobil Ajo 1st yang turun pada klasifikasi mobil urban gasoline, belum mencatatkan prestasi di ajang kontes otomotif yang baru kali pertama digelar di luar Pulau Jawa.

Aditio anggota tim Arrow Concept yang juga berperan sebagai driver, bersyukur dan sangat senang dengan prestasi yang dicatatkan oleh tim UNP di ajang KMHE 2018. Kendati berstatus pendatang baru,namun langsung memberikan gebrakan mengejutkan. Kendala yang dihadapinya sebagai driver Arrow Concept, yakni sejumlah tikungan yang terasa sangat tajam. Sedangkan untuk mobil karya mahasiswa Otomotif UNP tersebut, kata Aditio nyaris sempurna.

“Kendalanya banyak tikungan terlalu tajam. Kalau mobil saya rasa sudah optimal,” sebut Aditio, Sabtu (01/12/2018) sembari mengkonfirmasi soal bonus dari UNP kepada tim, dia belum mengetahuinya.

Donny Fernandes, Dosen Pembina Tim Arrow Concept membenarkan bahwa mobil karya mahasiswa yang berada di dalam binaannya berhasil meraih juara II di ajang KMHE 2018 untuk katagori mobil prototype diesel. “Juara I Tawang Alun 92.16 km/L, Juara II M dos UNP 77.85/L dan juara III CULA SATU 75.95/L,” sebutnya melalui whatsapp,” Sabtu (01/12/2018)

Pada bagian lain, Wakil Ketua I Panitia Pelaksana KMHE 2018, Rifdarmon, yang juga dosen di UNP turut bersyukur UNP mendapatkan 2 penghargaan pada KMHE 2018. “Juara 2 Mobil hemat energi untuk kategori Prototype Diesel dan Juara I sebagai Perguruan Tinggi Pendatang Baru,” sebutnya melalui whatsapp.

Menurut Rifdarmon, pada Sabtu (01/12/2018) malam akan dilaksanakan acara penutupan dan pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Dirjen Belmawa Prof. Ismunandar Ph.D. bertempat di Auditorium UNP.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ini kali pertama KMHE dilaksanakan di luar Pulau Jawa, sejak dimulainya kontes tersebut pada tahun 2012. Setelah melalui perjuangan cukup sulit, karena rebutan dengan kampus lain yang juga ingin jadi tuan rumah akhirnya eks kampus IKIP Padang ini bisa dipercaya menjadi tuan rumah. Sirkuit atau lintasan berada di dalam kampus, yakni mengelilingi rektorat, auditorium, dan gedung serbaguna FT UNP. (erz)