TK Aisyiyah Payakumbuh Raih 2 Juara

Porseni IGABA Sumbar 2018

WARTAMINANG, PAYAKUMBUH-Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Kota Payakumbuh berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Sumbar yang dilaksanakan Pimpinan Wilayah (PW) IGABA Sumbar, Sabtu (1/12/2018) di Taman Melati Padang. TK yang beralamat di Kelurahan Bunian Kota Payakumbuh ini juara pada dua kegiatan yang diperlombakan.

Guru TK Aisyiyah Payakumbuh Yenti Gustia, S.Pd Juara Harapan 1 dalam Lomba Membuat Alat Peraga Edukatif (APE) Sains. Tema alat peraga yang dibuat Yenti Gustia tentang Proses Perkembangbiakan Hewan, dalam hal ini yakni menggambarkan tentang proses ayam bertelur.

Sedangkan Destri Warni, S.Pd dan Izatif Fitri, S.PdI yang mengikuti Lomba Bercerita Boneka Tangan berhasil mencacatkan sebagai Juara Harapan II. Dua guru tersebut menceritakan tentang si Joki, anjing yang sombong dengan boneka tangan. Ketiga guru ini terpilih sebagai juara setelah melalui perjuangan hebat dalam perlombaan yang diikuti oleh TK Aisyiyah se-Sumatera Barat.

Sebetulnya TK Aisyiayah Kota Payakumbuh mengikuti hampir seluruh cabang yang diperlombakan dengan melibatkan anak-anak TK dan ibunya serta guru. Adapun cabang-cabang yang diperlombakan pada Porseni IGABA Sumbar 2018 dibagi dua katagori, yakni lomba untuk anak dan lomba untuk guru. Lomba dengan peserta anak juga ada yang dikolaborasikan dengan keikutsertaan ibu si anak.

Lomba anak yakni; lomba kolase huruf hijaiyah, asmaul husna, dan solo song. Lomba kolase huruf hijaiyah diikuti 50 orang anak plus ibu si anak. Sedangkan lomba dengan peserta guru, yakni ; musabaqah tilawatil quran (MTQ), pidato agama islam, merancang dan membuat APE Sains, sandiwara boneka, tari kreasi guru dan senam irama.

TK Aisyiyah Payakumbuh mengikuti beberapa cabang di Porseni IGABA Sumbar 2018, yaitu; MTQ (Yan Fitri), pidato agama islam (Witra, S.Pd), APE Sains (Yenti Gustia, S.Pd), dan sandiwara boneka (Destri Warni, S.Pd dan Izatif Fitri, S.PdI). Berikutnya cabang kolase huruf hijaiyah ibu dan anak.

Namun setelah anak, ibu dan para guru yang ikut bertanding di sejumlah mata perlombaan yang berhasil sebagai pemenang hanya pada dua katagori saja, yakni lomba membuat APE Sains dan cerita boneka tangan.

“Alhamdulillah selesai sudah rangkaian Lomba Porseni Al-Islam IGABA Tingkat Sumatera Barat. Terimakasih kepada anak-anak dan ayah bunda hebat serta ibu guru tercinta yang sangat antusias penuh semangat mengikuti lomba ini,” kata Kepala TK Aisyiyah Payakumbuh, Witra, S.Pd, Minggu (2/12/2018) .

Witra mengucapkan selamat guru yang telah berhasil meraih juara yakni Yenti Gustia dalam Lomba APE Sains dan Destri Warni dan Fitri dalam Lomba Bercerita Boneka Tangan.

Dia berterima kepada sejumlah pihak yang turut memberikan support seperti Dikdasmen dan PDA Kota Payakumbuh serta Pengawas TK yang selalu memberikan semangat dan motivasi agar TK yang dipimpinnya terus lebih maju lagi. “Semoga untuk iven-iven berikutnya kita bisa mempersembahkan yang lebih terbaik lagi untuk kemajuan TK Aisyiyah Kota Payakumbuh,” kata Witra menandaskan. (erz)