Darlis Ilyas Mantan Walikota Payakumbuh Wafat

WARTAMINANG, PADANG- Kabar duka bagi masyarakat Kota Payakumbuh. Innalillahi wainaillahi raa jiuun. Drs. Darlis Ilyas, SH, Walikota Payakumbuh Periode 1997-2002 berpulang ke rahmatullah, Senin (10/12/2018) pukul 00.30 WIB.

‘DI’ begitu pensiunan muda Korps Brimob itu disapa, menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit (RS) Yos Sudarso, Jl. Situjuh, Kota Padang. Rumah duka di komplek perumahan belakang RS. Ibnu Sina, Gunung Pangilun Padang.

Kabar duka ini diketahui dari informasi adik ipar almarhum kepada Indra Sakti Nauli, wartawan senior di Padang. Info dukacita itu pun diposting oleh Indra Sakti Nauli di media sosial Facebook, Senin (10/12/2018) pukul 07.00 WIB.

Postingan info duka itu langsung mendapat tanggapan dari berbagai pihak, berupa ucapan turut berlangsungkawa atas kepergian mantan Asisten I Pemko Bukittinggi tersebut. “Innalilahi wainnailaihi raajiuun, semoga dlm husnul khatimah, selamat jalan mayor…..,” tulis Eko Yanche Edrie, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Barat (PWI Sumbar), yang juga Pemred Metro Andalas.

Setelah berhenti menjadi Walikota Payakumbuh, almarhum sempat kembali berkarir di berbagai daerah di Sumbar, bahkan di Pekanbaru, Riau. Tahun 2016 lalu, DI sempat berancang-ancang akan ikut dalam Pilkada Kota Payakumbuh yang dilaksanakan Februari 2017. Namun rencana maju dari Partai Golkar kandas di tengah jalan. Ketika itu sejumlah elemen masyarakat Payakumbuh ingin kembali mengusung beliau menjadi orang nomor satu di kota biru tersebut. DI dengan sikap tegasnya, dianggap cukup sukses memimpin Kota Payakumbuh. Selamat jalan … Pak DI. (erz)

1